Thursday 19 April 2018

Hari ke 3 - Jalan Jalan ke Hong Kong Dengan 2 Anak Kecil (Part 2)

Hai teman-teman buat yang kepingin baca part 1 nya, langsung klik aja ya http://kurnilin.blogspot.co.id/2018/04/hari-ke-3-jalan-jalan-ke-hong-kong.html

Perjalanan kita selanjutnya adalah menuju ke Ocean Park. Teman-teman bisa naik MTR South Island line dan turun di Ocean Park Station. Untuk tiket masuk ke Ocean Park sama seperti tiket-tiket yang lain, aku belinya di Sunburst Adventure https://www.sunburstadventure.com/ . Asyiknya kita gak perlu lagi  tukar-tukar tiket, etiket yang sudah kita print dari Indonesia, bisa langsung kita kasih ke petugas Ocean Park dan setelah di scan, kita bisa langsung masuk ke theme park-nya.

Foto dulu ya sebelum masuk kedalam.

Karena waktunya cukup mepet, tujuan pertama kita adalah melihat panda karena Jason sukaaa sekali sama panda. Meskipun pandanya cuman satu dan sayangnya sedang tidur, tetap gak mengurangi kebahagiaan Jason yang akhirnya kesampaian melihat panda. Mungkin pengalaman dia melihat panda pertama kali di Taman Safari sangat berkesan, pokoknya sejak itu, Jason tuh langsung fall in love banget sama yang namanya panda.

Kesampean juga Jason bisa nengokin panda

Setelah puas mandangin si panda yang lagi tidur nyenyak, kita lanjut naik kereta gantung menuju ke Polar Adventure. Disana kita bisa lihat seal, spotted seal, walrus, arctic fox, dan so pasti akan ada banyak penguin.

Nah ini ada beberapa video yang bisa teman-teman lihat, kalau gak bisa dibuka di komputer, teman-teman bisa coba buka di HP.

Walrusnya lagi berenang, gede banget deh

Kita cukup beruntung loh bisa melihat foxnya cukup jelas dan gak sedang tidur. Bahkan dia sempet jalan-jalan sebentar. Kalau sealnya, aku lihat ada yang spot, biasa disebut Spotted Seal dan ada juga yang polos. Seal dan walrusnya bebas berenang-renang sambil sesekali dikasih makan sama pawangnya.

Nah buat yang mau lihat Spotted Seal seperti ini loh tampilannya

Ini video arctic fox, cakep banget ya..rasanya kepingin aku elus-elus kalo gak galak

Nah yang paling kita nanti-nantikan itu adalah melihat penguin. Udaranya dingin juga loh teman-teman, sampai berasa kepingin pake jaket deh didalam. Pinguin-penguin di Ocean Park itu ada banyak dan juga besar-besar, pokoknya terurus banget deh. Aku baru tahu kalau ternyata penguin itu larinya kencang banget ya...Sampai susah diikutin sama mata deh.

Penguinnya besar-besar dan berdiri berkolompok

Penguinnya berenang santai didepan kaca, lucu banget kepingin aku gendong rasanya

Lihat deh penguinnya cepet banget ya larinya

Nah setelah puas melihat-lihat, kita sempatkan untuk berbelanja sedikit kenang-kenangan dari Ocean Park. Berbeda dengan Disneyland, di Ocean park disediakan kantong plastik dan kita gak perlu tambah bayar. Hore... Rata-rata hampir semua toko-tokonya  isinya mirip-mirip kok.

Oh ya karena kita berkunjung diwaktu weekdays, memang suasana Ocean Park tidak begitu ramai namun jam tutupnya juga jadi lebih awal. Kereta gantung terakhir beroperasi jam 6sore. Kita pun segera mengantri dan suasana theme park-nya sudah mulai tutup, dan hanya ada 1 toko mainan yang masih buka di dekat pintu keluar. Di toko ini lumayan lengkap loh isinya. Jason yang sempat sedih karena gak beli apa-apa akhirnya bisa ketemu mainan yang dia sangat-sangat kepingin, yaitu mainan Takaratomi Dinosaurus. Disini Jason jadi belajar deh  ternyata bersabar itu ada gunanya juga ya.

Perjalanan kita kali ini masih belum selesai nih teman-teman, walaupun badan rasanya sudah capek banget habis berkeliling seharian. Karena Kurniawan adalah kolektor pin Hard Rock, kita rencananya mau kesana setelah dinner dan tentunya mencoba kue egg tart Tai Cheong Bakery, since 1954 yang tersohor itu. Kebetulan tempat dinner kita, Kau Kee Beef Brisket cukup dekat dengan Tai Cheong Bakery.

Ini loh Egg Tart dari Tai Cheong Bakery yang terkenal itu

Tai Cheong Bakery
32 Lyndhurst Terrace, Central
Buka jam 07.30 - 21.00
Turun di Central MTR-Exit D2

Restoran Kau Kee Beef Brisket ini benar-benar recommended deh in term of taste tapiii disini makannya musti cepet-cepet. Habis makan ya gak bisa duduk-duduk dulu, musti cepet-cepet pergi. Duduknya juga musti sharing satu meja sama orang lain. Dan jangan lupa siapin uang cash kecil ya karena disini penjualnya gak mau sediain kembalian buat uang $1000HKD, yang ada malah dia ngomel-ngomel, untung makanannya enak. Aku pesan curry tendon beef brisket noodle, bakmi dengan urat sapi yang dimasak dengan  kuah kari ini asli uenakkk bangett... Untuk suami dan anak-anak yang gak bisa makan jeroan, mereka pesan beef noodle. Nah kalau bakmi ini dimasak dengan kaldu sapi. Kaldu sapinya asli tasty banget, ini juga gak kalah enak.

Kau Kee Beef Brisket
21Gough Street, Central

Tutup jam 22.30

Curry Tendon Beef  Brisket Noodle yang enak banget

Beef noodle yang ini juga nikmat banget loh

Setelah perut kenyang dan udah gak sanggup jalan lagi, akhirnya kita naik uber ke Hard Rock Cafe. Kurniawan seperti biasa selalu beli pin-pin di  Hard Rock. Habis itu kita jalan kaki ke station yang ternyata gak jauh kok. Balik ke hotel, langsung deh recharge energy, badan berasa udah capek banget dan salut sama Jason Kayla yang masih bisa ikutin acara hari ini dari pagi sampai malam.

Sampai ketemu di cerita selanjutnya ya teman-teman, pengalaman hari ke 4 sebelum kembali ke Indonesia.

Monday 16 April 2018

Hari ke 3 - Jalan Jalan ke Hong Kong Dengan 2 Anak Kecil (Part 1)

Nah buat teman-teman yang kepingin tahu adventure kita di hari ke dua bisa lihat disini ya https://kurnilin.blogspot.co.id/2018/04/hari-ke-2-jakan-jalan-ke-hong-kong.html

Di hari ke tiga kita cukup ambisius nih ceritanya, rencana pagi pagi kita mau ke Ngong Ping dulu trus lanjut ke Ocean Park. Setelah sarapan yang super kenyang di hotel, kita mulai perjalanan kita dengan MTR dari Jordan Station menuju Tung Chung Station. Setelah sampai Tung Chung Station, teman-teman tinggal cari exit B, trus teman-teman jalan ke arah utara sekitar 3 menit menyebrangi area yang ada air mancurnya didepan Citygate Outlet.

Tiket Ngong Ping sudah kita beli di Sunburst Adventure https://www.sunburstadventure.com/ , efisien banget caranya. Setelah transfer, etiket akan di email dan tinggal kita print. Saat sampai di Ngong Ping, antrian buat yang belum beli tiket lumayan panjang loh. Jadi mending teman-teman beli tiket dulu ya dari jauh-jauh hari.

Untuk tiket yang kita beli di Sunburst, termasuk di antrian Klook. Paling nunggu sekitar 10menit, tiket print-an kita ditukar dengan tiket Ngong Ping. Setelah itu kita bisa masuk ke antrian untuk naik cable car. Cable carnya sendiri ada dua tipe, tipe standard cable car  dan tipe crystal cable car. Tipe Crystal lebih mahal karena lebih spesial, dibawahnya ada kaca jadi teman-teman bisa melihat pemandangan ke bawah. Buat temen-temen yang khawatir kalau kacanya kotor jadi menggangu waktu melihat kebawah, gak usah worry karena ada aunty-aunty gitu yang tugasnya selalu ngelapin kacanya sehabis digunakan.

Foto didepan cable car

Untuk antrian naik cable car lumayan padat ya, mungkin sekitar setengah jam kita nunggu. Tapi worthed kok karena perjalanan cable carnya lumayan lama, sekitar 25menit dan kita bisa menikmati pemandangan Hong Kong yang indah 360 derajat didalam cable car. Satu cable car bisa terisi sekitar 8 orang. Oh ya, jangan lupa membawa kaca mata hitam ya teman-teman, soalnya silau banget mataharinya disana.

Foto dulu sama Jason dan Kayla

Sebelum ke The Big Budha, teman-teman harus melewati Ngong Ping Village. This is so excited, banyak toko-toko yang menjual oleh-oleh dan juga restoran untuk sekedar duduk-duduk santai.

Buat teman-teman yang beragama Budha akan sangat menikmati deh berbelanja disini, banyak pernak pernik yang berhubungan dengan agama Budha. Aku dan suamiku ada membeli Wishing Card, di Wishing Card kita menulis harapan-harapan kita trus kita gantung di Bodhi Wishing Shrine. Yah dengan harapan semua bisa tercapai, amin...

Jason dan Kayla lagi bergaya dan tetap ceria

Yeay...akhirnya bisa foto sekeluarga

Buat Jason dan Kayla perjalanan ke Big Budha cukup mengasyikan, mereka sempet beli mainan juga di toko-toko ini. Supaya kita bisa ambil foto yang bagus di Big Budha, kita bisa naik tangga keatas, yah ambil positifnya sekalian buat olah raga setelah habis makan enak melulu selama jalan-jalan hehehe....Buat orang tua yang gak kuat naik keatas, jangan khawatir, disediakan tempat untuk duduk duduk dibawah.

Aku naik kok sampai atas :) Walau sempat berhenti beberapa kali untuk ambil napas..

Setelah cukup puas melihat-lihat di Ngong Ping, kita lanjutkan perjalanan kita ke Ocean Park...Temen-temen baca terus ya pengalaman kita di Hari ke 3 - Jalan Jalan ke Hong Kong Dengan 2 Anak Kecil (Part 2)

Friday 13 April 2018

Hari ke 2- Jakan Jalan ke Hong Kong Dengan 2 Anak Kecil

Nah melanjutkan dari pengalaman sebelumnya https://kurnilin.blogspot.co.id/2018/04/jalan-jalan-ke-hong-kong-dengan-2-anak.html

Pagi ini kita big breakfast dulu di hotel, Novotel Nathan Road. Enak-enak ada bubur, Brek, salad, sausage, bacon, roti..pokoke puas deh breakfastnya. Untungnya anak-anak bisa dapat free breakfast juga.

Breakfastnya puas dan kenyang banget

Hari ini kita menuju ke Disneyland naik MTR. Karena Novotel Nathan Road paling dekat dengan Jordan Station, jalan kaki paling cuma 5 menit. Dari situ kita naik Tsuen Wan Line, turun di  Li King Station dan lanjut naik Tung Chung Line, turun di Sunny Bay Station. Dari Sunny Bay naik MTR langsung ke Disneyland Resort. Perasaannya tuh seneng banget deh pas naik MTR ke Disneyland. Sebagian penumpang MTR sudah pakai pernak pernik Disney, kayak bando, kaos dan yang anak anak ada yang pakai princess dress.

Sempatin foto di MTR Disney, lucu ya kacanya bentuknya Mickey

Untuk tiket Disney, kita belinya di  Sunburst Adventure https://www.sunburstadventure.com/ Tiket dikirim ke email kita, dan tinggal kita print. Tiket ini bisa digunakan kapan saja, asal gak melebihi tanggal validity tiketnya. Nah enaknya, pas di Disney, tiket yang sudah kita print gak perlu dituker lagi, barcode di tiket di scan dan kita bisa langsung masuk.

Sebenarnya aku sudah pernah ke Disneyland Anaheim US dan Disneyland Tokyo, tapi tetep aja dateng kesini tetep bikin perasaan aku happy. Untuk Jason dan Kayla sendiri, ini pertama kalinya mereka ke Disney dan mereka bener bener seneng banget.

Sekali sampai kita langsung lihat parade yang super meriah. Ada yang nari nari di jalan, ada yang naik mobil besar yang sudah dihias dengan macem macem disney theme. Untuk antrian permainan, 1 permainan bisa antri sekitar setengah jam bahkan bisa lebih. Kita pilih beberapa mainan yang bisa dimainin sama Jason dan Kayla seperti Fairy Tale Forest, Mickey's Philhar Magic, It's a Small World, dan Mystic Manor.

Jason dan Kayla bermain di It's a Small World

Ini adalah castle di It's a Small Word

Mystic Manor di malam hari

Di dalam Disney, kita bisa pakai fasilitas free wifi dan waktu pertama kali kita daftar untuk dapat free wifi ini, kita diminta masukkan email address, nah teman-teman jangan lupa cek email yang buat daftarin wifi-nya, karena Disney ada kasih kupon diskon sebesar $10HKD, lumayan kan buat belanja merchandise-nya. Hik hik..aku nyesel banget karena gak sempat cek email, pulang dihotel baru periksa email..Biarlah kebodohan aku gak terulang ke teman-teman, makannya aku share disini, hehehe...

Untuk makan siang dan makan malam, kita beli voucher dulu di klook.com , untuk voucher ini bisa memilih paket untuk anak kecil dan untuk orang dewasa. Penukarannya juga mudah, saat pertama masuk ke Disney mencari stand tempat penukaran voucher Klook, dan saat di restoran tinggal berikan voucher tersebut ke petugas Disney. Mereka sangat efisien dan cepat saat melayani customer.

Foto di Tinkerbell

Untuk toilet sendiri, termasuk bersih dan banyak. Untuk Ibu-Ibu dengan bayi juga tak perlu khawatir, di toiletnya menyediakan tempat untuk mengganti popok, bahkan ada toilet yang menyediakan colokan buat yang ingin memompa asi dengan alat pompa elektrik.

Jason dan Kayla bahagia banget di Disney

Untuk yang suka pernak pernik disney, silahkan puas puasin deh belanja di tokonya. Asli barangnya tuh lucu-lucu banget. Oh iya, 1 tips, selain siapin kartu kredit hehehe...jangan lupa membawa kantong plastik, soalnya kalau belanja di Disney, kantong plastiknya akan di charge.

Lucu banget ya cup Duffynya..warna pink lohhh....

Nah yang ini cup Duffy warna coklat...Siapa coba yang bisa resist gak beli

Love the ambiance in Disney so much

Makan eskrim dulu ya, teman teman. Bentuknya lucuuu banget ya

Hari ini kita puas sekali main di Disney Land, temen-temen baca lagi pengalaman kita di Hari ke 3 ke Ngong Ping dan Ocean Park ya https://kurnilin.blogspot.co.id/2018/04/hari-ke-3-jalan-jalan-ke-hong-kong.html

Tuesday 10 April 2018

Jalan Jalan Ke Hong Kong dengan 2 Anak Kecil

Hi...Perkenalkan namaku Linda. Hobi jalan-jalan tuh sepertinya udah mendarah daging deh..Hehehe Hampir setiap tahun aku dan suamiku pasti luangin waktu untuk jalan-jalan, dan akhirnya aku pikir kenapa gak aku share aja pengalaman ini ke temen-temen semua, siapa tahu bisa jadi referensi saat mau jalan-jalan juga.

Nah..kali ini perjalanannya spesial karena aku ngajak 2 anakku yang masih kecil, Jason, usia 8 tahun dan Kayla, usia 6 tahun. Tiket ke Hongkong sudah kita siapin dari tahun 2017 saat Cathay sedang ada harga promo, dan untungnya bisa dibeli online, jadi gak perlu antri. Aku paling males datang ke pameran yang musti antri cuman buat supaya dapet harga tiket murah. Masing-masing tiket aku beli cuman Rp3.160.000, naik CX loh...Good deal banget menurut aku.

Tripnya buat tanggal 17-20Maret 2018..I know...terlalu sebentar kan ya?? Habis mau gimana lagi ya, aku musti sesuain sama jadwal liburnya anak -anak. Dan karena aku pikir ini perjalanan jauh pertama kali buat mereka, aku spare 1 hari untuk mereka istirahat dulu di rumah sebelum masuk sekolah lagi di tanggal 22Maret.

Hari Pertama, 17Maret2018

Aku sama Jason lagi nunggu di bandara CGK

Oh ya tips naik pesawat sama anak-anak, bawain mainan yang paling mereka suka, kalau Jason dan Kayla kebetulan lagi suka mainan Takaratomi, jadi aku bawain mereka masing-masing satu, sogokan supaya anteng di pesawat hehehe.., aku juga selalu bawa buku tulis dan pensil warna karena Kayla hobby banget gambar. Ternyata selama di pesawat mereka anteng loh nonton movies anak-anak.

Kita tiba di bandara HKG jam 11an. Imigrasi sangat lancar,biarpun antriannya kayak uler..tapi cepet banget majunya. Salut buat orang-orang Hong Kong yang kerjanya cepet dan efisien. Ambil bagasi pun gak pake lama, cepet banget..

Keluar dari imigrasi, kita langsung beli tiket naik MTR Airport Express untuk ke City. Karena aku ber 4, ada harga spesial. Buat kamu-kamu yang gak bisa ngomong mandarin, don't worry...akupun gak bisa, banyak kok orang HongKong yang bisa bahasa Inggris. Perjalanan dari Airport ke City gak begitu lama, naik MTR enak gak pake macet. Mungkin sekitar 30menit saja kita sudah sampai di Station Tsing Yi.

Turun di Station Tsing Yi, kita harus beli tiket MTR yang berbeda, namanya Octopus Card. Kita harus taruh deposit $50HKD, dan isi minimum $50HKD, jadi total 1 kartu harganya $100HKD dan bisa kamu top up kalau gak cukup, dan hebatnya lagi Octopus Card bisa dipakai buat belanja juga loh. Untuk anak-anak harganya spesial, $75HKD saja.

Ini aku kasih link MTR yang bisa kamu ceki ceki dulu

Trip kali ini kita menginap di Novotel Nathan Road. Hotelnya strategis banget, banyak pertokoan dan deket sekali sama MTR Station, jalan kaki 5 menit sudah sampai station. Geret geret kopernya gak begitu menderita banget karena saking deketnya.

Suasa kamar kita di Novotel Nathan Road

Kamar mandinya bersih dan nyaman

Dan yang aku suka dari jalan jalan di Hong Kong , MTR nya sangat mudah dimengerti. Nah temen-temen juga bisa download aplikasi "MTR Mobile", ini sangat membantu banget karena aplikasi ini bisa kasih rekomendasi rute MTR apa, harus stop di station apa, Aplikasinya asli user friendly banget.

Karena kita adalah anggota Accor Group, sesampainya di hotel, kita dapet welcome drink di loungenya..Kita bebas pesen minuman apa aja selama bukan alkohol. Karena anak anak masih capek, kita sempetin istirahat dulu di kamar.

Setelah energi terkumpul, kita mulai perjalanan kita untuk keliling-keliling. Karena suami beli voucher dessert di klook.com, kita mau cobain dulu desssert Hong Kong, namanya Lucky Dessert. Menu yang kita pesen itu pancake durian dan es durian sago. Hm...biasa aja sih rasanya menurut aku.

Aku lagi mau menikmati Pancake Durian

Mari makan Pancake Durian...

Kalau yang ini Es Durian Sago

Setelah itu kita lanjut perjalanan ke Ngong Ping, ternyataaa....karena sudah kesorean, kita disuruh balik lagi besok saja karena cable carnya sudah tutup..Ya sudah deh, daripada tripnya mubasir, kita jalan jalan aja di taman, sambil menikmati udara yang sejuk yang gak pernah kita bisa dapet di Jakarta.

Aku dan Jason di taman

Oh ya..senengnya keluar dari  Tung Chung Station, ada Outlet, namanya Citygate Outlet. Disana jual sepatu sepatu Adidas, Puma, Skechers, Vans harga diskon, juga ada tas-tas branded seperti Michael Kors, Kate Spade, Coach. Sedangkan untuk kecantikan, ada The Body Shop, SK2, dan Sasa. Sasa itu semacam Watson, jual kosmetik dari macem macem merek. Lumayan lah bisa cuci mata dulu..

Dan dilantai B1 ada supermarket gede yang komplit, namanya Taste...Nah di supermarket ini kamu bisa cari produk-produk Hong Kong, Jepang, Korea dan Thailand. Disini kamu bisa sekalian belanja oleh-oleh juga loh saking komplitnya. Supermarket ini tutupnya sampai malem, jam 22:30pm, jadi bisa puas banget belanjanya.

Setelah puas berbelanja di supermarket, kita rencananya mau balik ke hotel untuk istirahat. Tapiii dasar mata, ngeliat ada Miniso dideket hotel dan masih buka pula, masuklah kita belanja sedikit pernak pernik lucu. Habis itu baru deh beneran balik ke hotel dengan kondisi tepar tapi hati berbunga bunga.

Temen-temen baca lagi ya pengalaman kita di hari ke dua.